Sabtu, 19 November 2016

Tips Nyaman Tinggal di Setiap Tempat

 (sumber foto : belajar.kemdikbud.go.id)
Apakah kamu sudah merasa nyaman tinggal di tempatmu sekarang atau malah mencari tempat lain yang kira-kira membuatmu nyaman? berikut beberapa tips yang dikutip dari buku " This Is Where You Belong (The Art and Science of Loving The Place You Live) karya Melody Warnick (2016).
  1. Alih-alih mencari tempat baru untuk mencari kenyamanan dan kebahagiaan, lebih baik berupaya menyamankan diri tinggal di daerah yang tengah ditinggali. Sebuah riset menyimpulkan bahwa orang yang merasa nyaman dengan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya jarang terkena serangan jantung maupun stroke.
  2. Perbanyaklah berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi kota tempat tinggalmu. Dengan begitu, ikatan dengan lingkungan akan semakin kuat. Kabarnya orang yang terlalu sering berada dalam hiruk pikuk lalu lintas, stress di jalan tidak akan atau sedikit memiliki koneksi dengan lingkungan.
  3. Berbelanjalah di toko lokal dan makan makanan lokal. Secara ekonomi, hal tersebut akan menghidupkan perekonomian di tempat tinggal kita sehingga akan berkontribusi besar terhadap pembangunan di daerah kita. Selain itu belanja dan makan makanan lokal akan meningkatkan keterikatan dengan daerah yang kita tinggali.
  4. Terlibatlah dalam komunitas-komunitas yang ada di lingkungan kita. Ada banyak komunitas biasanya di setiap daerah. Cobalah untuk ikut berpartisipasi di dalamnya entah itu terkait dengan olah raga, seni, lingkungan atau yang lainnya.
  5. Upayakan untuk dapat menciptakan lingkungan yang hijau. Mengapa? Riset menunjukkan ternyata aktivitas outdoor dan aktivitas di lingkungan hijau dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan kognitif dan juga konsentrasi. Maka lingkungan yang lebih hijau dapat membuat kita lebih nyaman. Kita bisa terlibat dalam komunitas untuk membantu mewujudkan lingkungan yang lebih hijau atau kalau tak punya waktu dan tenaga bisa juga dengan sumbangan dana untuk lingkungan lebih hijau.
  6. Ingat di mana pun kita berada selalu ada hal-hal luar biasa yang bisa ditemukan dan selalu ada orang-orang luar biasa yang dapat dijumpai.
Selamat berbetah ria di mana pun berada ;)

2 komentar:

  1. Tetangga saya banyak yang baru. Jadi sekarang malah asing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... yang baru bukan tempatnya ya, tapi tetangganya? :)

      Hapus