Jumat, 25 Desember 2015

300 Doktor Bukan Jalan Tol



Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas PNS di lingkungan provinsi Jawa Barat dan kabupaten-kabupaten se-Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui BKD Jawa Barat meluncurkan Program 300 Doktor. Pertanyaan yang sering dilontarkan kepada para peserta yang dinyatakan lolos mengikuti program ini adalah, “Jadinya kuliah ke mana? Kapan berangkat?” seolah lolos seleksi program ini merupakan tiket langsung untuk kuliah di luar negeri.

Kenyataannya, program ini sebenarnya mirip dengan camp pelatihan untuk mempersiapkan kuliah di luar negeri. BKD Jabar hanya memfasilitasi saja, semua kembali pada perjuangan peserta dan takdir juga pastinya. Lalu apa untungnya mengikuti program ini jika akhirnya masih harus berjuang juga padahal untuk mengikuti program ini peserta harus melalui tes TOEFL, Psikotes dan wawancara?

Ada beberapa keuntungan yang didapat dengan mengikuti program 300 doktor. Diantaranya
  • Mendapat fasilitasi persiapan bahasa
Untuk dapat diterima di universitas di luar negeri biasanya ada persyaratan bahasa yang harus dipenuhi. Untuk English speaking countries biasanya diperlukan skor IELTS atau TOEFL. BKD Jabar memfasilitasi para peserta dengan kursus persiapan dan juga tes yang kalau mengeluarkan biaya sendiri bisa menguras sekitar satu bulan gaji golongan III. Selain bahasa inggris, BKD juga memfasilitasi peserta untuk mengikuti kursus bahasa asing lain jika negara tujuan mempersyaratkannya, misalnya kepada beberapa peserta yang bermaksud kuliah di China diberikan kursus bahasa mandarin.
  • Mendapat workshop penulisan proposal penelitian dan bimbingan
Research Proposal biasanya merupakan salah satu syarat untuk mendaftar ke universitas tujuan. Kesibukan para PNS struktural ataupun fungsional guru dalam pekerjaannya seringkali menyita waktu sehingga jarang melakukan penelitian. Oleh sebab itu, kemampuan membuat proposal riset masih perlu diasah. Workshop penulisan proposal sangat bermanfaat tentunya bagi para peserta. Selain itu, peserta juga diberi dosen pembimbing dalam pembuatan proposal.

  •  Memperoleh informasi beasiswa
Lho informasi beasiswa, bukan beasiswa? Ya, benar pembiayaan studi para peserta nantinya harus dicari dari para sponsor scholarship. BKD Jabar hanya memberikan informasi saja ataupun memberikan trik agar dapat lolos beasiswa dengan mengundang para alumni yang telah lolos beasiswa maupun pernah gagal dalam mendapatkan beasiswa sehingga para peserta bisa belajar dari kesuksesan maupun kegagalan orang lain.

  • Mendapat fasilitasi keikutsertaan dalam seminar atau konferensi
BKD Jabar juga memfasilitasi para peserta untuk dapat berpartisipasi dalam seminar atau konferensi internasional. Sejauh ini yang pernah difasilitasi adalah konferensi internasional yang diselenggarakan di dalam negeri. Mungkinkah difasilitasi mengikuti seminar atau konferensi di luar negeri? Tentang hal ini para peserta harus proaktif menanyakan kepada pihak BKD.

  • Memperoleh lingkungan kondusif untuk selalu memelihara semangat belajar
Para peserta program 300 doktor setidaknya memiliki satu kesamaan yaitu semangat untuk melanjutkan studi, namun semangat tersebut kadang naik turun tapi tentunya saat semangat turun masih saja ada diantara peserta yang masih bersemangat dan menularkan semangatnya kepada peserta lainnya. Ditambah lagi adanya mentor (yang meskipun sudah dipindah tugaskan) sering memberikan dorongan kepada para peserta untuk terus berjuang.

Latar belakang peserta yang berasal dari berbagai dinas juga memberi warna tersendiri. Banyak wawasan yang didapat secara tidak langsung melalui obrolan ringan diantaranya mengenai birokrasi di dinas-dinas tertentu, pekerjaan-pekerjaan yang harus diurus dinas-dinas tertertentu maupun pengalaman para peserta saat kuliah di negara tertentu. Semuanya menyadarkan diri bahwa apa yang telah kita lakukan ternyata belum banyak dan apa yang telah kita ketahui masih sangat sedikit, oleh sebab itu perlu terus belajar dan belajar dan tak lupa mengamalkannya.

Jadi…. Program 300 doktor tentu saja bukan jalan tol. Masuk program ini berarti harus siap memulai perjuangan hingga dapat kuliah dan lulus, Aamiin, Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar