Selasa, 02 Februari 2016

Kelainan Terpaut Autosom Pada Manusia

Berikut merupakan kelainan pada manusia yang terpaut autosom:

Kelainan Terpaut Autosom Resesif 
  1. Albinisme. Ditandai dengan tidak adanya pigmen pada kulit, rambut, dan mata. Terdapat 1 penderita tiap 22.000. Penderita cenderung mudah terkena kanker kulit.
  2. Fibrosis Sistik. Ditandai dengan produksi mucus (lendir) yang berlebih pada paru-paru, saluran pencernaan, dan hati, suseptibilitas terhadap infeksi meningkat. Bila tidak ditangani sering menimbulkan kematian saat anak-anak. Satu  dari 2.500 orang ras kaukasia dilaporkan mengalami kelainan ini.
  3. Galaktosemia. Ditandai dengan akumulasi galaktosa pada jaringan, keterbelakangan mental serta kerusakan pada mata dan hati. Insiden terjadi sebanyak 1/100.000. Biasanya ditangani dengan pengurangan galaktosa dalam diet.
  4. Fenilketonuria (PKU). Ditandai dengan akumulasi fenilalanin dalam darah,pigmen kulit tidak normal dan keterbelakangan mental. Satu dari 10.000 orang di Amerika Serikat dan Eropa mengalami kelainan ini.
  5. Sickle-Cell. Sel darah merah berbentuk sabit, terjadi kerusakan beberapa organ. Dilaporkan terjadi pada satu dari empat ratus orang Afro-Amerika.
  6. Tay-Sach. Ditandai dengan akumulasi lemak pada sel-sel otak, keterbelakangan mental, kebutaan dan terjadi kematian di masa kecil. Dilaporkan satu dari 3.500 yahudi di Eropa tengah mengalami kelainan ini
Kelainan Terpaut Autosom Dominan
  1. Akondroplasia. Ditandai dengan tubuh yang kerdil. Insiden terjadi pada satu dari dua puluh lima ribu orang.
  2. Alzeimer (salah satu tipe). Ditandai dengan penurunan mental dan sering terjadi menjelang usia lanjut. Tipe Alzeimer yang diturunkan ini merupakan tipe Alzeimer yang jarang terjadi.
  3. Huntington. Ditandai dengan penurunan mental dan gerakan yang tidak terkontrol. Sering terjadi pada usia medium. Satu dari 25.000 orang mengalami penyakit ini. 
  4. Hiperkolesterolemia. Ditandai dengan berlebihnya kolesterol dalam darah dan bisa mengakibatkan serangan jantung. Insiden penyakit ini adalah sekitar 1/500.
Sumber :
Reece, Jane B, et all. 2012. Campbell Biology Concept and Conection Seventh Edition. Benjamin Cuming, San Francisco.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar