Minggu, 08 Oktober 2017

Berbenah Juga Ternyata Ada Ilmunya

Sejak kecil hingga sekarang saya tidak rajin dalam urusan berbenah, namun saya sudah bosan dengan hidup berantakan. Meskipun demikian, seberapa lama pun saya menyisihkan waktu untuk berbenah, hasilnya tetap saja : tak pernah selesai. Rumah yang sesekali dibenahi asisten, rapinya tak pernah bertahan lama. Waktu anak masih kecil seringkali anak dijadikan alasan atas rumah yang selalu berantakan. Namun, setelah anak cukup besar, keadaan tak jauh berbeda.

Suatu hari saya berjumpa sebuah buku yang ditulis Marie Kondo berjudul “The Life-changing magic of tidyng up, Seni Beres-beres dan Metode Merapikan ala Jepang”. Saya baru tersadar bahwa berbenah pun ada ilmunya. Marie Kondo bahkan sampai membuka kelas berbenah. Tak jarang pula ia diundang sebagai konsultan untuk beres-beres.

Petualangan Marie Kondo dalam mengkaji dan memraktikan beres-beres akhirnya melahirkan sebuah metode yang dikenal dengan “Metode KonMarie”. Prinsip dasarnya adalah hanya menyimpan barang-barang yang membangkitkan kegembiraan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengumpulkan barang yang satu kategori kemudian pegang satu persatu lalu rasakan chemistrynya. Jika barang yang dipegang membangkitkan kegembiraan, maka simpanlah. Akan tetapi jika tidak, enyahkanlah (bisa dibuang atau disumbangkan). Lepaslah dengan penuh keikhlasan.

Berbenah ala KonMarie sebaiknya dilaksanakan sekaligus. Mulailah beres-beres dari kategori paling mudah ke kategori lebih sulit. Urutan yang disarankan yaitu pakaian, buku, dokumen dan kertas, pernak-pernik, lalu disusul dengan barang-barang sentimental.


Ah,memangnya apa pengaruh berbenah terhadap kehidupan kita? Banyak tentunya. Dengan berbenah kita bisa menemukan passion kita sebenarnya. Berbenah juga melahirkan kebahagiaan serta kesehatan dan kebugaran fisik. Untuk lebih jelasnya, silakan baca bukunya. Tak harus selalu membeli tentunya. Buku bisa kita pinjam dari perpustakaan atau teman. Untuk teman-teman sekitar Bandung, mari saling meminjam bukuJ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar