Kamis, 25 Januari 2018

Keramas Tanpa Shampo

Belakangan saya berpikir keras untuk mengurangi penggunaan sampah plastik karena plastik sulit terurai dan daur ulang bukanlah solusi berkelanjutan serta alasan-alasan lainnya. Saat shampo hampir habis, saya mencari-cari toko refill shampo tapi belum menemukan. Biasamya sih saya beli dalam kemasan yang cukup besar demi meminimalisasi sampah. Sebotol shampo 640 ml bisa untuk berbulan-bulan dipakai bertiga saya, suami dan anak lelaki kami.

Sempat terinspirasi buat beli shampo batangan tapi belum nemu di toko-toko terdekat. Selanjutnya saya cari ide dengan googling, buka-buka pinterest dan youtube. Cukup banyak resep untuk membuat shampo batangan tapi  beberapa bahan seperti alkali dan minyak esensial belum tersedia di rumah. Akhirnya saya ikutan keramas "No-poo" alias tanpa shampoo. Lho, memangnya bersih?

Saya pakai baking soda yang ada di dapur sudah cukup lama karena jarang digunakan. Caranya? Saya basahi rambut, ambil baking soda, ratakan ke kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Setelah dibilas saya semprotkan cuka apel 10 % (1 bagian cuka apel, 9 bagian air) untuk menghilangkan sisa-sisa alkali lalu didiamkan sekitar dua menit. Sebenarnya enggak tepat 2 menit sih, berhubung di kamar mandi enggak ada jam. Akhirnya kepala dibilas lagi, bilasan terakhir pakai air dingin agar pori-pori kulit tertutup.

Hasilnya? Maaf ya gak bisa difoto sehubungan dengan ajaran yang saya yakini, hanya bisa diceritakan. Selesai keramas, aroma cuka apel masih sedikit tercium, tapi setelah kering baunya hilang. Kulit kepala alhamdulillah cukup bersih hanya sedikit gatal di daerah tertentu, kayaknya semprotan cuka apelnya kurang banyak di daerah itu. Untuk rambut sendiri jadi kurang halus, enggak kayak shampo biasa. Lho kok? Shampo biasa ada yang mengandung silikon untuk melapisi rambut sehingga rambut terasa halus. Kemungkinan rambut jadi agak kasar karena silikonnya terkikis, mudah-mudahan kulit kepala cepat menyesuaikan diri untuk melembapkan rambut dengan minyak alaminya.

Sekian review keramas tanpa shampo kali ini. Saya mau coba juga buat shampo dan pelembut dari bahan yang ada di sekitar. Kalau ada perkembangan, nanti saya bercerita lagi 😉.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar