Jumat, 26 Januari 2018

4 Alasan Kenapa Penggunaan Plastik Sekali Pakai Harus Dikurangi

Setidaknya ada 4 alasan mengapa penggunaan plastik sekali pakai harus segera dikurangi. Keempat alasan tersebut saya sarikan dari "Plastic Pollution Coalition".

1. Plastik tidak bisa diuraikan
Plastik sulit diuraikan, partikel paling kecil dari plastik disebut mikroplastik mungkin bisa termakan oleh hewan. Kalaupun dibakar, plastik menghasilkan partikulat yang beracun.

2. Plastik meracuni rantai makanan
Partikel-partikel kecil dari plastik bisa termakan oleh makhluk-makhluk kecil. Makhluk kecil kemudian dimakan oleh makhluk besar. Bukan tidak mungkin pada akhirnya tiba juga di dalam tubuh manusia. Sebuah studi mengungkapkan 93% orang Amerika mengandung BPA di dalam tubuhnya (salah satu zat yang ditambahkan saat pembuatan plastik). Bagaimana dengan tubuh orang Indonesia? Entahlah, saya belum menemukan informasinya.

3. Plastik dapat mengganggu kesehatan manusia
Zat kimia dalam plastik yang luntur saat terkena panas atau minyak dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan. Zat-zat tersebut berpengaruh terhadap kesehatan manusia, memicu berbagai oenyakit. Penyakit apa saja? Kita bahas lain waktu ya ...

4. Plastik sekali pakai merupakan sumber utama polusi plastik di muka bumi
Penggunaan plastik sekali pakai sudah begitu tak terkendali. Kepraktisan menjadi sebuah alasan. Digunakannya mungkin hanya beberapa hari, beberapa jam bahkan mungkin beberapa menit, namun jejaknya tak bisa terhapus dalam waktu singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar